Monday, December 24, 2007

Niat yang baru dilaksanakan sekarang

Bismillahhir rahmaanir rahiim,

Bermula dari ngobrol sama pemilik bisnis “Ruzika”, Bapak Ryad Kusuma, saya tertarik juga untuk masuk ke bisnis ritel baju muslim ini.

Sesungguhnya saya ingin masuk bisnis pribadi sudah lama, hanya saja saya nggak tahu harus bisnis apa? Pengalaman nihil, danapun boleh dikatakan nggak ada. Dari tahun ke tahun hanya itu-itu saja permasalahannya, tidak pernah mulai. Belum lagi banyak cerita yang “mengerikan” tentang bangkrutnya usaha pribadi yang telah menanamkan uang berjuta-juta ditambah dengan segala macam trik untuk membesarkan usaha. Kebanyakannya ?

Isue-isue seperti ini : padahal dia punya naluri bisnis lho....atau

dia itu keturunan pebisnis lho.....dan

bahkan ada yang dikantornya Direktur utama tapi begitu bikin bisnis sendiri,

gagal.....

Kesimpulannya : Turunan pebisnis aja....,

Direktur utama saja.....

Cerita-cerita itu yang membuat ragu dan bahkan takut untuk mulai....

Sehingga sampailah suatu saat saya ngobrol dengan pemilik bisnis “Ruzika” tadi.....
Unik, semangat, sederhana dan.... dalam waktu yang relatif sangat singkat, “Ruzika” telah sampai pada tingkat perputaran yang cukup mencengangkan (bagi saya tentunya). Saya berfikir, Bapak kita ini dapat barokah dariNYA dalam bisnis ini.... Keep sharing yah Pak?

Ternyata, keberhasilan Bapak kita ini bukan mendadak langsung seperti sekarang, telah banyak juga mengalami hambatan-hambatan dan kesulitan-kesulitan. Tapi mungkin karena memang niat, akhirnya sampai juga ke bisnis yang sekarang dan.... saat ini sedang menikmati hasil dengan terus mau melebarkan sayapnya! Bicara mengenai obsesinya ? Punya omzet 1 M! Insya ALLAH pak, you can reach it !

Dan ternyata, bisnis ini tidak terlalu menuntut dana yang selama ini saya byangkan kalau mau mulai bisnis! Yang penting turnover atau Inventory turn over....

Bismillah,

Dengan mungucap Basmalah, sayapun mulai usaha ritel ini, mengikuti jejak “Ruzika”, sejak tanggal 29 September 2007. Saya sewa kios di Mall Ambasador, Kuningan, Jakarta Selatan. Saya dapat grant dari ALLAH dengan dipertemukannya saya dengan pemilik kios tersebut. Maksud saya, sementara sewa Kios di tempat yang agak sepi di Mall tersebut mahal, saya dapat tempat di jalanan yang ramai orang lewat dan.... Subhanallah, biaya sewanya setengah dari yang diseberang saya! Nama toko saya “orrezka” di Hall A No. 130, lantai Semi Basement, Mall Ambasador, Jl. Profesor Dr. Satrio, Karet Kuningan, Jakarta Selatan. Alhamdulillah....

Saat toko mulai di set, istri yang sibuk belanja isi toko dan alat-alatnya karena saat itu saya lagi Raker di Sukabumi. Dia pergi ke Tanah Abang beli patung-patung, gantungan baju dll dikawal pembantu di rumah. Begitu saya tengok dua hari kemudian, lumayan, layoutnya sederhana tapi rapi. Hanya saja memang kiosnya sempit, ukurannya hanya 2.75 x 3 meter. Yang katanya bikin dia seneng, lagi beres-beres kios, ada orang masuk dan maksa mau beli baju yang belum dipajang....

Waktu cerita sama Bapak “Ruzika” bahwa dalam tahap awal ini dalam 2 minggu pertama omzet sekitar Rp. 5 juta lebih, cukup lumayan katanya.

Kepada komunitas pebisnis ritel ini, saya ucapkan assalamu’alaikum...
Mohon masukkannya juga dan kalau mungkin supportnya........

Ceritanya sekian dulu.

No comments: